Politics : Pragmatism and Opportunism


pragmTeringat oleh kata kata salah satu adek tingkat saya, “kaya gini toh mas politik, saling menjatuhkan.”. Bagi mereka yang belum sampai pada titik tertentu, tidak akan dapat memahami secara proporsional semua keruwetan tentang politik. Politik adalah segala hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan,dan pemerintahan bahkan disebut art or science dalam terminologi yunani. Politik adalah strategi. Politik adalah rencana besar, sewujud masterplan yang terperinci dan menyeluruh untuk mewujudkan suatu tujuan, lebih dari itu mewujudkan gambaran akan kesempurnaan masa depan.

Bagi mereka yang sudah mencapai titik tertentu, akan mengerti, memahami bahkan memaklumi. Semua kegiatan yang menyangkut hal ini, semua diskusi, semua pemahaman mengerucut pada satu hal. Satu yang bercampur antara nila dan susu, satu yang abu-abu, benar kata kakak saya, kata kata yang menjadi salah satu penunjuk arah saya. Kata kata yang

Persepsi

Kawan, jangan kalian hidup dalam persepsi orang lain. Apa yang kalian yakini, yakinilah karena itu kebenaran yang proporsional, sesuai dengan yang kalian pahami. Hidup adalah tentang kalian, apa yang kalian pilih, apa yang benar untuk kalian, apa yang kalian pelajari. Kalian punya kekuatan, bukan hewan yang dilatih untuk mengamankan sebuah daerah. Ini semua daerah tuhan, bukan milik perseorangan ataupun golongan.

Hiduplah dengan tujuan yang bersih. Jangan tertipu oleh alasan pragmatis, mengatasnamakan orang banyak tapi dilakukan dengan cara yang tidak etis. Eksekusi adalah apa yang dilihat orang lain. Ingat, dengan cara yang salah niat baik tidak berarti apa apa di mata manusia. Kata seorang sahabat, “jangan kita hanya jadi muda yang bersemangat dan berambisi. Tapi dewasalah dalam bertindak.”

Berhentilah, berkacalah, cermatilah… Apakah langkah-langkah ini ternodai oleh pembenaran?

Hiduplah dengan kebenaran, kebenaran tanpa pembenaran.

Adi Sutakwa 20121202

MENUJU MASTERPLAN, ADI SUTAKWA MERDEKA

Advertisements

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s