Get the Knowledge (Illegally)


Artikel ilmiah, atau yang lazim disebut jurnal oleh mahasiswa adalah barang berharga yang bisa menolong mahasiswa menyelesaikan studinya. Baik untuk kepertuan tugas kuliah, maupun tugas akhir – skripsi. Cara legal dan mudah yang saya tahu untuk mencari jurnal ilmiah tentu saja dengan cara mengorek-ngorek result di mesin pencari (Google, Yahoo, Wolfram Alpha, Bing, dll) – tentu saja dengan utak-utik keyword sebelumnya. Cara lain yang lebih spesifik ditawarkan khusus oleh Google via menu Google Cendekia (Google Scholar) – scholar.google.com

Cara lain – bagi jaringan internet kampus yang tersedia dan bekerja sama langsung – adalah dengan masuk ke web penyedia database artikel ilmiah. Misalnya sciencedirect, elsevier, academia edu, scopus, dll. Semua database jurnal ilmiah yang awalnya diberi embel-embel purchase, menjadi gratis manis jika kampus Anda bekerja sama dengan web terkait (misalnya UNS, semua jurnal yang terindeks pada sciencedirect.com dapat diunduh secara gratis jika koneksi internet dilakukan lewat jaringan internet (hotspot) kampus UNS).

Contoh hasil keyword search jurnal berbayar pada sciencedirect.com
Contoh hasil keyword search jurnal berbayar pada sciencedirect.com

Dalam artikel ini, saya akan memberikan salah satu alternatif mengakses full text pdf jurnal berlabel purchase meskipun Anda terkoneksi di luar jaringan kampus, atau kampus Anda tidak menjalin kerjasama dengan web penyedia artikel ilmiah. Tapi saya tekankan, secara harfiah, cara ini adalah ilegal – it is literally ILLEGAL. Akibat jangka panjangnya, mungkin ilmu Anda, skripsi Anda, atau penelitian Anda bisa jadi tidak berkah. (hahaha). Anda bisa memilih mengabaikan cara ini, dan saya sarankan Anda mengabaikannya. (hehehe). Okay, let’s get down to the business.
1. Cari jurnal yang Anda butuh – dan pastikan jurnal ini berbayar, serta memiliki digital object identifier lebih sering disingkat DOI number. DOI is a character string (a “digital identifier”) used to uniquely identify an object such as an electronic document – begitu kata wikipedia tentang si doi. Berikut display fisik letak DOI pada web penyedia artikel, atau pada abstract artikel. Dalam hal ini web penyedia artikel ilmiah yang saya gunakan adalah sciencedirect.com

Contoh DOI yang tertera pada laman web penyedia artikel ilmiah berbayar
Contoh DOI yang tertera pada laman web penyedia artikel ilmiah berbayar
Contoh DOI yang tertera pada bagian abstract jurnal
Contoh DOI yang tertera pada bagian abstract jurnal

2. Buka s-h-1 / s-h-2 / s-h-3 – via web ini kemudian akses ke full text jurnal dapat diakses. Copy paste DOI jurnal ke kolom yang tersedia, kemudian klik tombol “Open”. Lebih jelas lihat islustrasi berikut. Untuk http://sci-hub.club/ (sudah tidak dapat diakases, coba s-h-1 / s-h-2 / s-h-3), klik proceed to the website di pojok kanan bawah display jika kolom belum terdisplay

Display pada laman sci-hub.org setelah DOI number di copy paste
Display pada laman sci-hub.org setelah DOI number di copy paste

3. Kemudian, setelah muncul full text seperti gambar di bawah ini Anda tinggal menyimpannya pada direktori personal computer anda dengan cara klik kanan save, atau klik simbol save yang terletak pada pojok kanan bawah.

Display full text jurnal berbayar setelah akses didapatkan dari sci-hub.org
Display full text jurnal berbayar setelah akses didapatkan dari sci-hub.org

Bagaimana dengan jurnal berbahasa indonesia? Penulis belum menemukan web penyedia khusus jurnal berbahasa indonesia dan yang sekaligus tercantum DOI pada jurnal / web penyedia. Sehingga terkait jurnal berbahasa indonesia yang berbayar akan dibahas pada bahasan lain jika telah ditemukan sumber yang valid.

Bila link sci-hub.org ndak bisa dibuka, coba link sci-hub lainnya =>  s-h-2 / s-h-3 / s-h-4 / s-h-5 / s-h-6

Jika sci-hub ndak bisa, coba beberapa web berikut, download tutorial lengkapnya di  http://bit.ly/1hPJPTb baca seksama, roll it yourself!

Demikian bahasan kurang lebih mengenai mendapatkan full text jurnal berbayar. Artikel ini terinpirasi oleh kawan bernama Muhammad Isa Dwijatmoko da Bagaskara Tabah Arifin. Edited and Repost from http://sobatspongebob.blogspot.com/2014/06/tips-mencari-jurnal-penelitian-gratis.html by Bagaskara Tabah Arifin.

Disclaimer : seluruh isi tips / tutorial dalam post tulisan ini (berjudul : Get the Knowledge (Illegally) ) diluar tanggung jawab penulis / pemilik blog ini (sutakwa.wordpress.com).

Sutakwa
20150115 1841

Advertisements

3 thoughts on “Get the Knowledge (Illegally)

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s