0


Kita mungkin lebih merasa merdeka bila hidup dengan harta yang tak terbilang dan prestasi yang tinggi menjulang. Apapun mudah dibeli untuk dimiliki, siapapun mudah percaya karena takjub dan menganggap hebat. Beda perkara kalau kita hanya 0 (nol), kita dipandang sebelah mata, ditepuk sebelah tangan, dikira kosong dan tak berharga.

Tetapi, mari coba jalan lain menuju eunoia, jalan yang lebih elegan ketimbang sekedar dangkalnya materialisme ephemera.

Cobalah menjadi 0.

Menjadi nilai ketika kapanpun saja dirimu ‘ditambahkan’ pada sekelompok, segolongan, atau sekumpulan, maka tidaklah timbul kesombongan pada barisan itu karena adanya dirimu. Jadilah mereka barisan yang tetap sahaja dan bijaksana, berhati-hati namun tetap bekerja sama. (x+0=x)

Menjadi nilai ketika kapanpun saja dirimu ‘dikurangkan’ pada sekelompok, segolongan, atau sekumpulan, maka tidaklah menyeruak putus asa dan hilang tujuan pada barisan itu karena ketiadaan hadirmu. Jadilah mereka barisan yang senantiasa menerima ketidaksempurnaan namun serius mengupayakan keparipurnaan. (x-0=x)

Menjadi nilai ketika berapapun banyak dirimu ‘diduplikasi’ pada sekelompok, segolongan, atau sekumpulan, maka tidaklah melebar atau membesar tak beratur nalar karena suara yang kau tawarkan. Jadilah mereka barisan yang selalu mengerti kesejatian, nilar akar yang paling dasar, tentang muasal dan ketidakberhakan. (x*0=0)

Dan menjadi nilai ketika berapapun banyak dirimu ‘dibagi’ sana sini, pada kelompok itu, golongan ini, kumpulan yang lain, maka tidaklah terkikis habis kesejukan dan keberadaan manfaatmu karena sejak mula tidak pernah ada apapun yang kau punya, selain nilai ketakterhinggaan itu. Jadilah mereka yang ‘mendapatkanmu’ merasakan keluasan epistema, kedamaian altruistik, dan ketinggian tajali Tuhan yang berdenyar. (x:0=~)

Infinity.

Advertisements

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s