Akhir


Harus ada akhir pada setiap perjuangan. Baik ataupun buruk, harus ada akhir dalam sebuah perjuangan. Akhir memberikan jeda, semacam takbir yang membatasi tiap gerakan salat. Akhir juga berarti awal yang sama sekali baru, untuk sesuatu yg mungkin belum kita ketahui akhirnya.

Tapi akhir dari sebuah perjuangan, bukan berarti selesai atau tamat dalam ikhtiar. Karena sebuah akhir bukanlah suatu penghabisan. Karena akhir tidak pernah sebagai ujung tanduk atau tepian jurang. Akhir harus tetap ada sebagai keniscayaan akan mula yang diupayakan dan disambut penuh dengan keyakinan.

Kita belajar tentang akhir pada hidup dan kehidupan. Kita mengerti kapan berhenti untuk diam, lalu berdiri kembali menggenggam pedang. Kita paham kapan menunduk lalu duduk tenang mempertimbangkan, lantas lekas berlari lurus ke depan berkompetisi dengan kematian.

Akhir tidak pernah berarti satir atau getir. Kau mestinya sadar dan tak perlu gusar akan akhir yang terdengar kasar. Tapi setidaknya kau mau sejenak mendengar, bahwa jika tidak pernah ada akhir maka tak kan lagi ada yang mengalir.

Karena setiap yang mengalir membutuhkan muara sebagai akhir, sebagai penyambung rasa dan irama, mengajarkan untuk bersiap diri menghadap laut. Membulatkan ketakutan kita pada kesatuan dan kesiapan tekad.

Akan jadikah kita tenggelam mati kehabisan tenaga, atau jadilah kita mengambang bimbang tak tentu arah tujuan, atau hidup damailah kita menyelam dan mengarungi samudera kehidupan.

Karena pada suatu waktu yang pasti dan tentu, kita akan menepi pada akhir yang baru. Akhir yang selalu hanya akan sekali kita mengalami. Akhir pada kehidupan yang ini, dan awal pada kehidupan yang itu.

Dan itulah akhir yang benar-benar sejati membahagiakan, karena pada akhir itulah kita benar sebenar-benarnya tahu, bahwa akhir itu sama sekali bukan akhir. Bahwa pada saat itu akhir adalah awal.

Advertisements

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s