Bergantung pada Ketergantungan terhadap Tuhan


Kalau kita serius pada keseriusan beragama, mestinya kita belajar betul tentang Tuhan. Salah satunya adalah tentang ‘apakah benar betul kita telah mengenali Tuhan dalam sebenar-benarnya kenal?’. Ataukah kita lebih mengenal setan penggoda bernama kekhawatiran dunia seisinya?

Mana ada manusia bisa mengenal Tuhan. Justru Tuhan-lah yang memperkenalkan diri pada kita – yang tentu saja bukan sebuah keperluan atau kebutuhan Tuhan. Tuhan memperkenalkan diri-Nya dengan nama-nama, barangkali yang tertulis hanya terbatas sekian puluhan saja terhitung banyaknya, padahal jelaslah tak terhingga tak terbilang sifat-Nya.

Kita mengenal Tuhan dari diri kita dan mereka. Kita mengenal Tuhan dari alam lingkungan, dari air dan api, dari matahari dan bulan, dari gunung dan laut, dari hewan dan tumbuhan, dari kitab dan kisah. Kita mengenal Tuhan dari apapun saja yang kita temui, asalkan saja mau kita hayati.

Maka bila ada ‘sabda’ buta tentang kepastian kendala dan bencana dengan dalih ‘ilmu’ yang sama sekali bukan ilmu, ‘ilmu’ yang justru bisa sekali serupa berhala. Jangan pernah kita bergeming ketakutan tanpa alasan.

Kita mengerti tajali Tuhan, tapi tak pernah tahu dan tak akan pernah tahu tentang kepastian. Barangkali kita diharuskan oleh kiri kanan tentang bekal, tentang harta, tentang ‘kepastian’. Padahal tidak pernah ada yang pasti selain ketidakpastian. Dan alangkah susah merapikan pikiran banyak orang tentang kepastian. Alangkah susah menyatukan semuanya dalam segaris kemafhuman yang berakhir pada iman serta kebergantungan diri dengan Tuhan.

Barangkali diri telah tawakal, tapi yang lain tak mau berakal. Padahal jikapun mau dan mampu serius hanya bergantung dalam ketergantungan dengan Tuhan, pastilah dengan pasti telah mengerti postulat dasar iman dalam kehidupan. Melakukan apapun saja yang diridhoi dan menjauhkan seluruhnya yang dimurkai.

Padahal kalau sedikit saja mau agak berakal, pastilah terbetik tanya yang gamblang jawabnya, siapa pula yang bisa melawan Tuhan?

Advertisements

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s