Sulit Menyulitkan Orang


Aku ingin menjadi orang yang paling sulit menyulitkan orang. Karena dengan itu orang akan selalu mudah dan bungah kala berbagi waktu denganku. Karena dengan begitu orang pasti tidak gundah atau resah atas apa yang aku usulkan. Karena dengan cara itu orang tak akan bimbang atau gamang tersebab resolusi yang aku tawarkan.

Aku ingin menjadi orang yang paling sulit menyulitkan orang. Karena kebaikan tidak pernah butuh untuk dihambat atau diperlambat. Karena ibadah tidak akan mudah lusuh atau runtuh oleh keduniaan tanpa kesucian. Karena Tuhan tidak akan tinggal diam atas hati-hati penuh keimanan yang disulitkan menuju jalan kebenaran.

Aku ingin menjadi orang yang paling sulit menyulitkan orang. Karena kebermanfaatan akan selalu lahir dari kemudahan, namun bukan berarti ke-gampang-an. Karena segala yang prinsip tidak pernah terlalu susah untuk diupayakan dan diutamakan. Karena semua yang azali sejatinya tak pernah menawarkan jalan kesukaran, melainkan jalan kemerdekaan.

Aku ingin menjadi orang yang paling sulit menyulitkan orang. Karena Tuhan begitu halus dan Maha Halus, mengabulkan apapun saja doa-doa mereka yang dipersulit lagi diper-rumit. Karena Tuhan sangat lembut dan Maha Lembut, mengiyakan pinta-pinta mereka yang dinista dan dianiaya. Karena Tuhan selalu kuat dan Maha Kuat, meneguhkan hati-hati mereka yang diintervensi dan diintimidasi.

Tapi aku tidak ingin menjadi orang yang paling sulit menyulitkan diri. Karena aku mesti keras pada diriku sendiri. Karena aku harus tegas pada tata nilaiku sendiri. Karena aku pasti mampu memikul bekalku sendiri. Karena aku tentu mau bergulat dan bergelut dengan egoismeku sendiri. Karena aku senantiasa hidup dalam peperangan, perang yang tidak perlu siapapun tahu, perang yang tidak akan siapapun paham, perang yang sunyi namun perang yang paling besar, dalam hidupku, selama hidupku.

Reply me, or Comply me. Or just leave me a message.

